3 hari di Pamekasan!! Ngapain yach

Hari jum’at tgl 25 Juli kemaren aku di ajak temanku setting jaringan di MA Manbaul Ulum di Pamekasan. Aku sih ikut aja, lumayan dapat ceperan setelah selama seminggu sempat kanker (kantong kering),,,,Aku kira tempatnya ga terlalu jauh dari kota tapi yang ini jauh banget….Jarak dari kota aja sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 25 km. Belum lagi daerah yang pegunungan jadi kayak ular deh jalan rayanya ditambah sopir angkutan umum yang aku cuma bisa bilang…KEEEEEEEERRRRRRRRRRREEEEEEEEENNNNNNN. Bagaimana ga keren lampu jalan di pegunungan dikit, kadang sering g ada lampunya , lalu kecepatan mobil untuk sampai tujuan kira2 90 km/jam lumayan pacu andrenalin di jalan yang hanya cukup 2 mobil. Sempat kebayang gimana kalo jatuh ke jurang? tapi saat aku tanyain ke temanq katanya kalo siang bisa lebih cepat lagi. Wuih cepet banget pokoknya, jadi bayangin film INITIAL-D saat Takumi balapan di pegunungan….Tapi sebelumnya aku harus nunggu sampi 1,5 jam untuk nunggu penumpang yang lain, aduh jamuran deh kayak orang hilang aja tunggu selama itu…..

Setelah sampai ditempat aku langsung di jemput sama santri sana, tanpa nunggu waktu lama langsung aja kami menuju ke lab yang akan di setting jaringan….Yaaksss, ternyata tempatnya masih kotor banget + berantakan…..Kepikiran juga, ternyata aku n temanku harus bersihkan ini semua tapi kami cuma 2 orang aja. Kelihatannya besok harus kerja keras nih…..

Esok harinya, hari sabtu aku bangu pukul 05.30 habis sholat shubuh tanpa buang waktu langsung aja kami mulai kerja….Langkah awal yang dilakukan adalah menata meja dan kursi lalu buang barang- barang yang gak berharga keluar lab supaya keliatan bersih….Lalu temanku punya ide suruh aja murid2 MA pasti mau bantuin. Ternyata banyak juga yang bantuin bersihkan, akhirnya agak enteng juga…….Setelah selese semua dibersihkan saatnya pengukuran panjang kabel LAN yang akan di koneksikan ke switch. Switch yang kami pake yaitu merk Asus (8 port) dan D-Link (16 port) beli di K-Galaxy. Saat switch D-Link di tancepin kok lampunya kayak lampu disco ga keliatan mana yang hidup n mati, pokoknya kacau banget padahal sehari sebelumnya semapat ditukarkan ke THR gara2 power switchnya g hidup….Terpaksa pake yang 8 port, dan untung saja komputernya masih 7 buah karena komputer yang lainnya masih rusak. Tapi sama aja aku harus siapin 15 kabel untuk Lab, 1 kabel buat TU dan Ketua yayasan lumayan tangan sampe sakit karena aku sendiri yang nge-riping kabel sedangkan temanku bagian pasang instalasi kabel + siapin komputer yang akan dipake….

Jam 14.00 akhirnya selese juga siapin kabelnya, tinggal bersih2 lagi karena mo dipasang karpet n setting client-server.  Saatnya mandi karena mulai kemaren belum mandi, mo mandi paginya tapi masih malu banyak siswa yang masuk sekolah jadi nunggu mereka pulang….Segerrr banget airnya karena kan daerah pegunungan walaupun daerahnya kayak Malang tapi rata2 tanaman yang ditanam di daerah sini yaitu tembakau. Jadi ga heran juga orang MAdura banyak yang doyan merokok…….Saat makan siang banyak banget makanan yang disuguhkan + jajanan jadi bener2 kenyang deh…..Setelah makan kita istirahat smp jam 15.00 sekalian nungggu sholat ashar.

Istirahatnya da selese saatnya kerja lagi….tinggal masang karpet dan pasang kabel ke ruang TU di lantai dasar, lumayan jauh juga jaraknya kira2 8 meter tapi bentuk L…Nah saat pasang kabel LAN di lantai atas kan buth tangga!!!Saat bilang tangganya mana? eh malah diberi 1 batang bambu, katanya ini tangganya. Hah,,,sapa yang mo naik tangga kayak gitu. Kalo jatuh gmn?akhirnya ada siswa yang dengan suka rela mau memaku kabel yang ada di pinggiran tembok di lantai atas..Setelah proses paku dan dipaku telah selese saatnya masang karpet di Lab. Akhirnya semua kerjaan selese sampai pukul 21.00. Saat mo setting tiap2 komputer, ealah listriknya ga kuat jadi tunggu sampai pukul 22.00. Ingat iklan PLN “17.00 sampai 22.00”. Akhirnya temanku betulin sebagian komputer, aku sendiri ketiduran karena ngantuk banget…

Hari minggunya jam 03.30 aku kelupaan blm sholat isya.  Akhirnya cepet2 sholat karena mepet banget waktunya. Setelah selese sholat saatnya setting jaringan komputernya. Ya aku buat gampang2 aja karena kepela sekolahnya aku suruh pilih pake Linux ato Windows. Akhirnya beliau pilih pake Windows aja….JAdi kerjaanku lebih muda tanpa DNS, DHCP, dlll. Tapi aku buatan chat server dengan OpenFire n Spark, dan Deep Freeze Enterprise supaya komputer client ga kena virus sebagai antisipasi dasar…Semua kerjaan sudah selese sampai pukul 9.00 + ngajarin kepala sekolahnya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.