Install Cpanel/WHM menggunakan Glue Records dari Freenom.com

Pada tutorial ini saya ingin berbagi cara membuat domain gratisan dari Freenom dan membuat Glue Records pada Freenom agar server Cpanel yang akan kita install dapat berfungsi sebagai DNS Server.

Sebelum kita membuat glue records, sebaiknya kita mendaftar dulu nama domain yang ingin kita pakai pada freenom.com. Freenom memberikan kita domain secara cuma-cuma yang kita bisa pakai untuk pembelajaran. Pada tutorial ini saya menggunakan nama thyspir.ml pada Freenom.

Pembuatan Glue Records

Setelah domain thyspir.ml sudah terdaftar pada Freenom, saatny kita membuat glue records.

Kita klik Manage Domain – Management Tools –  Register glue records

glue-records

Setelah itu tinggal kita register nameserver ns1.thyspir.ml dan ns2.thyspir.ml dan masukkan IP Address dari VPS server yang akan digunakan. Rubah namserver pada Frenom mengarah ke ns1.thyspir.ml dan ns2.thyspir.ml.

Install Cpanel pada VPS

Berikut langkah- langkah install Cpanel

  1. cd /home && curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest && sh latest
  2. Setelah install CPanel selesai. Maka akan terdapat proses setup pada WHM, silahkan arahkan nameserver dari Cpanel/WHM ke ns1.thyspir.ml & ns2.thyspir.ml beserta IP Address dari nameserver tersebut.
  3. Setelah itu buat DNS Zone di Add a DNS Zone – create thyspir.ml & proceed. Sekarang kita mempunyai domain thyspir.ml on WHM.
    WHM dapat juga sebagai DNS server selama domain yang berada pada WHM tersebut menggunakan nameserver ns1.thyspir.ml & ns2.thyspir.ml dan melakukan pointin dari registrar ke nameserver tersebut.
  4. Kita bisa menambahkan DNS Zone untuk domain lainnya seperti thyspir.cf pada WHM di menu Add a DNS Zone. Stelah itu pada registrar melakukan pointing NS dari thyspir.cf ke ns1.thyspir.ml & ns2.thyspir.ml.

NB: setelah kita memasukkan IP Address nameserver pada proses setup WHM, maka kita dapat melakukan ping ke ns1.thyspir.ml dan ns2.thyspir.ml

Install CSF (ConfigServer Security & Firewall) pada Cpanel

Setelah semua konfigurasi telah selesai, sekarang kita bisa menginstall firewall pada Cpanel. Firewall yang kita gunakan menggunakan CSF. Firewall ini free dan bisa prevent attack dari sisi network. Berikut langkah instalasinya

wget https://download.configserver.com/csf.tgz
tar -xzf csf.tgz
cd csf
./install.cpanel.sh

Setelah instalasi selesai. Status dari CSF adalah Firewall Status: Enabled but in Test Mode
Kita dapat merubahnya menjadi active pada CSF – Firewall Configuration -Rubah Value Testing menjadi 0 – klik Change & restart csf+lfd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s