Komputer rakitan akan menggunakan OS IGOS

Barusan saja baca kompas.com bahwa komputer rakitan akan menggunakan IGOS (Indonesia Going Open Source). Nantinya CD- cd tersebut akan dibagukan gratis ke toko – toko beserta aplikasinya yaitu openoffice yang kemampuannya sudah tidak bisa dianggap remeh lagi dibandingkan deng Microsoft Office. Tapi selain IGOS, boleh juga menggunakan OS lainnya yaitu Fedora, Ubuntu, openSuse, dll

Sebenarya tidak ada salah menggunakan software propietary tapi dengan adanya open source maka akan menghemat devisa negara sebanyaksedikitnya 7,5 trilliun rupiah per tahun. Untuk menggunakan Microsoft boleh saja tapi dengan biaya tambahan yaitu 1 juta, belum termasuk Microsoft Office sebesar  4 juta.

“Boleh saja menggunakan Microsoft tetapi ada biaya tambahan yang lumayan besar yang untuk operating system-nya saja tambah Rp1 juta. Kalau mau tambah Microsoft Office tambah Rp4 juta,” kata Sekjen Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Sutiono Gunadi di sela Penandatanganan MOU antara Kementerian Ristek dan Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) di Jakarta, Jumat (23/5)

Kira- kira  dua bulan yang lalu Microsoft mengeluarkan versi Office yang pemakainnya tanpa pembelian software secara penuh, tetapi dengan cara isi ulang (maaf lupa nama program yang dilakukan Microsoft Office ini!! ) Jadi dalam pemakainnya kita membayar  xx$ per jangka waktu yang ditentukan untuk mendapatkan license number . Lalu setelah jangka waktunya selesai maka Microsoft office tidak akan bisa dipakai mengetik tapi hanya bisa dipakai untuk viewer (melihat) file kita. Benar- benar banayak akalnya orang- orang Microsoft agar menarik pelanggan dalam menggunakan produk mereka!!!

So mana yang kamu pilih open Source atau Propietary????

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s